Selasa, 11 Februari 2014

Contoh RPP Fiqih Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama sekolah                      : MTs. Muhammadiyah 6 Beton
Mata pelajaran                      : Fiqih
Kelas/ semester                    : VII / Genap
Materi Pokok                        : Shalat Jenazah
Alokasi waktu                       : 2 x 40 menit

A. Kompetensi Inti       :
1.   Menghayati dan meyakini akidah Islamiyah.
2.   Menghargai dan menghayati akhlak (adab) yang baik  dalam beribadah dan berinteraksi dengan  diri sendiri, keluarga, teman, guru, masyarakat, lingkungan sosial dan alamnya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptualdan prosedural) berdasarkan rasa ingintahunya tentang al-Qur’an, Hadis, Fikih , akidah, akhlak, dan sejarah Islam.
4. Mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,  dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,  dan mengarang) terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di madrasah dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi dasar    dan Indikator
3.2.   Menentukan ketentuan shalat jenazah
3.2.1. Menjelaskan pengertian shalat jenazah
3.2.2. Menjelaskan hukum shalat jenazah
3.2.3. Menyebutkan syarat shalat jenazah
3.2.4. Menyebutkan rukun shalat jenazah

4.2.   Menghafal bacaan-bacaan shalat jenazah
4.2.1. Mengutip bacaan-bacaan shalat jenazah
4.2.2. Melafalkan bacaan shalat jenazah

C.     Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran peserta didik diharapkan dapat:
( nb. Boleh dg ini. melalui diskusi vedeo klip diharapkan peserta didik mampu : )
1.      Menjelaskan pengertian shalat jenazah
2.      Menjelaskan hukum shalat jenazah
3.      Menyebutkan syarat shalat jenazah
4.      Menyebutkan rukun shalat jenazah
5.      Mengutip/menulis bacaan-bacaan shalat jenazah
6.      Melafalkan bacaan shalat jenazah dengan benar

D.     Materi Pembelajaran :
1.      Shalat jenazah (Pengertian, hukum, syarat, dan rukun shalat jenazah)
2.      Lafal/Bacaan shalat jenazah

E.     Metode/strategi pembelajaran
1.      Pendekatan Scientific
2.      Direct Instruction
3.      Small discussion
4.      Giving questions Getting answers

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran :
1.      Buku LKS, Buku  Fiqih Sunnah. (sumber)
2.      Vedeo pembelajaran shalat jenazah (media)
3.      Materi power point
4.      Lembar kerja siswa (alat)
5.      Lem / isolatif (Alat)
6.      LCD dan Laptop (Alat)

G.    Langkah-langkah pembelajaran :
a.      Kegiatan awal
No.
Kegiatan
Waktu
1.
ü  Guru mengucapkan salam
ü  Guru melakukan appersepsi
ü  Guru membacakan kompetensi yang akan dicapai yaitu  kaifiyah jenazah (ketentuan shalat jenazah).
ü  Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan shalat jenazah (Berapa jumlah takbir dalam shalat jenazah)
ü  Guru menampung jawaban sebagai bahan pembahasan dalam materi shalat jenazah


10 menit
b.      Kegiatan inti
No.
Kegiatan
Waktu
1.



2.



3.






4.









5.


Mengamati;
ü  Guru menayangkan video tentang gambaran Shalat Jenazah
ü  Guru meminta beberapa siswa untuk mengomentari isi video yang telah disaksikan

Menanya;
ü  Guru meminta siswa untuk membuat pertanyaan seputar isi video yang telah disaksikan

Eksplorasi;
ü Guru memberi perintah kepada siswa untuk menyebutkan jumlah takbir dalam shalat jenazah beserta lafalnya secara berkelompok
ü  Guru meminta siswa untuk bergabung menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok berdiskusi untuk menghubungkan urutan bacaan shalat jenazah dalam tiap-tiap takbir


Assosiasi;
ü Siswa mndiskusikan tentang urutan / tatacara shalat jenazah
ü  Siswa bersama-sama secara kelompok menyimpulkan hasil diskusi kelompok
ü  Siswa memberikan jawaban secara individual yang ditulis dalam selembar kertas dan ditempel di papan yang telah disediakan dengan isolatif
ü  
ü (jika dibuat untuk penilaian portofolio harus disebutkan )

Komunikasi;
ü Guru meminta kepada masing-masing perwakilan untuk melaporkan hasil diskusi di depan kelas
ü  










60 menit
c.      Penutup
No.
Kegiatan
Waktu

ü  Siswa  bersama guru menyampaika kesimpulan dari hasil pembelajaran
ü  Guru memberikan penjelasan dan penguatan materi  menggunakan slide power point ketentuan shalat jenazah (file. Ppt)
ü  Guru memberikan refleksi/kesimpulan dan motivasi “Tak ada hidup ini yang abadi” dan RTL (mis tlg kerjakan soal-soal di LKS)
ü  Guru mengucapkan salam penutup

10 menit

H.     Penilaian
Tes tulis: uraian objektif
Performance (praktek)

Lampiran
2.      Instrumen penilaian sikap
3.      Instrumen penilaian pengetahuan ( tes tulis)
4.      Instrumen penilaian ketrampilan (tes performance)


Mengetahui
Kepala MTs. M 6 Beton

Ponorogo, .................
Guru Fiqih


S. John Zaifuddin, S.Sos., M.Pd.I.


Habib Anshori, S.Ag., MA.



NB : : rubrik yang belum dilampirkan

Lampiran 1
Instrumen penilaian
1.     Instrument penilaian indikator 3.2.1. (nilai 20)
Pedoman penskoran:
Menjawab benar                     : 20
Menjawab kurang tepat          : 10
Menjawab salah                      : 5
Tidak menjawab                     : 0
Soal                     :  Jelaskan pengertian shalat jenazah !
Jawaban               : Shalat jenazah adalah shalat wajib yang dilaksanakan seorang muslim sehubungan dengan kematian saudara muslim yang  berisi doa dan permohonan ampunan bagi si mayit kepada Allah swt.


2.     Instrument penilaian indokator 3.2.2. (nilai 30)
Pedoman penskoran:
Menjawab benar                     : 30
Menjawab kurang tepat          : 15
Menjawab salah                      : 5
Tidak menjawab                     : 0
Soal                   :    Sebutkan rukun shalat jenazah !
Jawaban            :     a. Niat b. Berdiri jika mampu, c. Takbir empat kali, d. Membaca al-Fatihah, e. Membaca shalawat nabi f. Membaca doa untuk simayit g. Membaca salam

3.     Instrument penilaian indokator 4.2.1.  (nilai 30)
Pedoman penskoran:
Menjawab benar                     : 30
Menjawab kurang tepat          : 15
Menjawab salah                      : 5
Tidak menjawab                     : 0
Soal                                         : Lafalkan doa untuk mayit pada takbir ketiga dalam
shalat jenazah ?
a.      jika mayitnya laki-laki
b.     jika mayitnya perempuan
Jawaban            :     

a.      Mayat laki-laki
اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ
b.     Mayat perempuan
اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَهاَ وَارْحَمْهاَ وَعَافِهاَ وَاعْفُ عَنْهاَ


















LEMBAR KERJA SISWA

1.   Rukun Sholat Jenazah ( kertas dipotong-potong)










Niat
 

Membaca Al-Fatihah
 



Membaca salam
 



Membaca shalawat atas nabi s.a.w.
 

Takbir empat kali
 


Membaca doa untuk si mayit
 


Berdiri jika mampu
 
 












2.   Mencocokkan urutan shalat jenazah











Takbir ke 1
 

Takbir ke 2
 

Takbir ke 3
 

Takbir ke 4
 



ÉOó¡Î0 «!$# Ç`»uH÷q§9$# ÉOŠÏm§9$# ÇÊÈ   ßôJysø9$# ¬! Å_Uu šúüÏJn=»yèø9$# ÇËÈ   Ç`»uH÷q§9$# ÉOŠÏm§9$# ÇÌÈ   Å7Î=»tB ÏQöqtƒ ÉúïÏe$!$# ÇÍÈ   x$­ƒÎ) ßç7÷ètR y$­ƒÎ)ur ÚúüÏètGó¡nS ÇÎÈ   $tRÏ÷d$# xÞºuŽÅ_Ç9$# tLìÉ)tGó¡ßJø9$# ÇÏÈ   xÞºuŽÅÀ tûïÏ%©!$# |MôJyè÷Rr& öNÎgøn=tã ÎŽöxî ÅUqàÒøóyJø9$# óOÎgøn=tæ Ÿwur tûüÏj9!$žÒ9$# ÇÐÈ  

 
 














اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ

 
اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ

 
اَللَّهُمَّ لَا تَحْرِمْنَا اَجْرَهُ وَلَا تَفْتِنَا بَعْدَهُ وَاغْفِرْلَنَا وَلَهُ

 
اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

 
اللهم صلى على محمد وعلى اله محمد كما صليت على ابراهيم وعلى ال ابراهيم وبارك على محمد وعلى ال محمد كما باركت على ابراهيم وعلى ال ابراهيم فى العالمين إنك حميد مجيد
 
  






















Tidak ada komentar: